Jika Tersesat di Hutan Apa Yang Harus Dilakukan?

22:56:00



Tersesat ketika sedang berwisata ke hutan dan tidak mengetahui arah jalan menjadi sebuah mimpi buruk bagi setiap wisatawan. Namun jangan panik, jika tersesat di hutan kamu harus selalu tetap tenang dan berfikir positif. Berikut ini beberapa cara atau metode  untuk mengetahui arah.

  • Jarum / Silet di permukaan air


Cara paling mudah digunakan untuk mengetahui arah adalah dengan membuat sebuah kompas sederhana. Jarum atau silet digosokkan ke permukaan yang kering seperti batu dan ditusukkan ke gabus. Letakkan diatas permukaan air yang tenang, ujung silet atau jarum ini akan selalu menunjukkan ke arah utara atau selatan.


  • Bayangan Benda


Jika kamu tersesat pada waktu siang hari, lihatlah ke arah bayangan benda. Letakkan sebuah benda tegak di permukaan tanah. Pada waktu siang menuju sore, bayangan benda pada umumnya akan condong ke arah barat. Sebaliknya, jika pada waktu pagi menuju siang, bayangan benda umumnya condong ke arah timur.


  • Manfaatkan Pohon


Tersesat di lingkungan yang penuh dengan pepohonan, cobalah cari pohon yang memiliki batang yang besar. Perhatikan setiap sisi batang pohon ini, sisi pohon berbatang besar yang terkena sinar matahari menunjukkan arah barat atau timur. Jika tersesat pada malam hari, cobalah raba sisi pohon berbatang besar. Rasakan suhunya, cari sisi yang paling hangat biasanya menunjukkan arah barat.


  • Kelompok bintang Orion menunjukkan arah barat


 Jika tersesat di daerah asing pada malam hari, carilah rasi bintang orion. Rasi bintang ini merupakan perpaduan antara 3 bintang terang. Jika dipadukan, ketiganya membentuk mirip ekor kalajengking dan selalu menunjuk ke arah barat

You Might Also Like

0 comments

Subscribe